Hari Pertama Pementasan Teater Saja, Ini Tanggapan Penonton

0
221
Pementasan teater dengan judul "Seseorang yang Pergi dari Cerita" bertempat di aula Cewonikit Ruteng, 19 November 2018/Foto: Afandy Wijaya

RUTENG, FLORESMUDA.COM – Komunitas Teater Saja mementaskan drama teater dengan judul “Seseorang yang Pergi dari Cerita” bertempat di aula Cewonikit Ruteng, 19-20 November 2018. Pementasan ini merupakan proyek pertama dari komunitas ini. Komunitas ini juga merupakan salah satu komunitas teater yang tumbuh  di kota Ruteng.

Teater yang disutradarai Vian Budiarto dan Marselus Ungkang dengan pemain Rini Temala, Vian Budiarto, Egy Ramut, Ugi Suharjo, dan Angel Angelina ini dihadiri oleh banyak penonton terlebih anak muda. Penonton tidak hanya dari Kota Ruteng, ada juga yang datang dari Labuan Bajo.

“Seseorang yang pergi dari cerita” merupakan kisah seorang anak yang meninggalkan rumah karena kedua orang tuanya yang bertengkar karena masalah ekonomi. Pada pementasannya, Senin, 19 November 2018, adegan yang dilakoni para pemain berhasil membuat para penonton hanyut terbawa suasana.

“Teater tentang “seorang yang pergi dari cerita” ini menurut saya itu sangat menarik sekali. Tim pemainnya 100% bagus!” komentar salah seorang penonton bernama Melki.

Melki pun mengomentari pandangannya tentang isi cerita. Ia menilai, cerita teater ini juga hendak memberi pesan kepada penonton untuk saling mendukung dalam menjalani hidup.

“Menurut saya cerita ini tentang keegoisan seseorang, jadi pesannya, seorang anak harus mendukung orang tuanya, begitu pula kedua orang tua harus memberikan dukungan yang terbaik kepada anak dan jangan mudah putus asa,” tutur Melki.

Sementara itu, berdirinya komunitas ini berawal dari mimpi yang sama dari setiap anggota yaitu untuk merawat serta mempertahankan pertumbuhan ekosistem teater di Ruteng, agar tidak hilang hingga generasi-generasi penerus nantinya. Manajer pentas, Indah mengatakan, untuk persiapan pementasan tersebut, para pelakon berlatih dengan sungguh-sungguh selama beberapa pekan. Latihan dipadatkan dalam dua hari jelang pementasan. Ia pun berharap, pementasan ini terus dilakukan.

“Harapannya semoga komunitas kami nantinya bisa adakan pementasan lagi, misalkan setiap tahun itu sekali,” kata dia.

Pementasan ke dua akan dilakukan di tempat dan waktu yang sama malam nanti, 20 November 2018. Pementasan ini di-sponsor oleh Monas Jaya Ruteng, Radio FM manggarai, Rumah Baksos, Toto Kopi, dan juga Sunspirit Labuan Bajo. (*Ilda Wahyu/red)

*Penulis adalah Reporter Pelajar yang mendapat pelatihan khusus dari Redaksi Flores Muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here