Miniatur Manggarai Barat pada Pasar Labuan Kita

0
174
Pelajar sekolah dasar memakai pakaian adat dari berbagai daerah pada karnaval budaya yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Pasar Labuan Kita, Sabtu, 27 Oktober 2018/Foto; Gonza Gandur

LABUAN BAJO, FLORESMUDA.COM – Kementerian Periwisata lewat Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Nusa Tenggara Timur membuka kegiatan Pasar Labuan Kita di Taman Kota Labuan Bajo, Sabtu malam, 27 Oktober 2018. Kegiatan ini dalam rangka promosi pariwisata Labuan Bajo.

Dalam pantauan Flores Muda, Pasar Labuan Kita ini diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan pameran. Pameran yang paling diutamakan adalah karya-karya lokal baik itu makanan, kerajinan tangan, dan kain tenun khas Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Ketua Genpi NTT, Rudiyanto Zainuddin menuturkan, kegiatan ini sekaligus meningkatkan pasar pariwisata dan dalam upaya menarik kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.Kegiatan inipun akan dilakukan setiap Minggu di Labuan Bajo.

“Kita mau menjadikan Taman Kota  sebagai destinasi wisata unggulan untuk pusat pengembangan pasar ekonomi kreatif masyarakat, pusat seni, dan bahkan kami bercita-cita untuk menjadikan Taman Kota ini sebagai miniatur Manggarai Barat,” kata dia.

Pemilihan lokasi Taman Kota pun diyakini sebagai salah satu kawasan strategis yang dapat menjadi ruang publik baru dalam pengembangan kawasan pasar pariwisata di Nusa Tenggara Timur secara umum dan Labuan Bajo pada khususnya. Genpi Labuan Bajo memilih nama “Pasar Labuan Kita” dengan tujuan untuk mempromosikan identitas, alam, sejarah, budaya dan tradisi Manggarai Barat khususnya dan Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

“Kami juga mencoba untuk mengembangkan dan meningkatkan pasar ekonomi kreatif secara khusus pengembangan dan peningkatan potensi lokal yang dimiliki oleh masyarakat NTT secara umum dan Labuan Bajo Manggarai Barat secara khusus,” tutup Rudi. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here