Imunisasi Campak dan Rubela untuk Kesehatan yang Stabil

0
163
Wakil Kepala Sekolah SMAK Setia Bakti Ruteng, Elias Nivan berpose bersama petugas imunisasi MR dari Puskesmas Ruteng/Foto:Ilda Wahyu

RUTENG, FLORESMUDA.COM – Memiliki kesehatan tubuh yang stabil tentu dibutuhkan oleh setiap orang. Kesehatan tubuh membutuhkan dukungan, baik itu dari pola makan yang sehat, olahraga yang teratur, serta mengonsumsi obat yang menjamin stabilitas tubuh agar tidak mudah terjangkau penyakit.

Program nasional yaitu imunisasi MR merupakan salah satu program dari pemerintah dengan pemberian vaksin secara gratis yang diberikan kepada siswa-siswi dari tingkat SD sampai siswa yang duduk di bangku kelas satu SMA. Kegiatan ini berlangsung dari bulan Agustus sampai bulan September mendatang.

Imunisasi MR merupakan kombinasi vaksin campak atau measles(M) dan Rubella(R). Imunisasi ini berguna untuk mencegah penyakit campak dan rubella yang merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran nafas dan virus.

Untuk kabupaten Manggarai, program ini pun sudah dilaksanakan. Petugas dari Puskemas kota Ruteng berkunjung ke SMAK Setia Bakti Ruteng, pada 20 Agustus 2018. Para petugas memberikan suntikan vaksin MR kepada siswa-siswa kelas X, SMAK Setia Bakti Ruteng. Kunjungan inipun disambut baik pihak sekolah.

“Kami sangat berterimakasih atas kegiatan imunisasi MR ini, yang tentunya memberikan manfaat yang baik bagi anak-anak. Program seperti ini perlu dikembangkan lebih lanjut,” ungkap Wakil Kepala Sekolah SMAK Setia Bakti Ruteng, Elias Nivan.

Penyakit campak atau measles dan Rubella ditandai dengan ruam merah berbentuk bintik-bintik pada kulit. Umumnya penyakit ini sering terjadi pada anak-anak yang belum pernah mendapat vaksin campak, gondok, dan lain-lain.

Penderita Rubella pada anak-anak cenderung mengalami gejala yang lebih ringan daripada penderita dewasa. Tetapi ada juga penderita Rubella yang tidak mengalami gejala apapun, namun tetap dapat menyebarkan virus rubella.

“Program pemberian vaksin ini sangat bagus dan sangat membantu anak-anak agar tidak terjangkau oleh virus ini. Bertindak lebih cepat dengan memberikan vaksin sebelum adanya anak-anak yang terjangkit virus, itu lebih baik. Karna cara penularan virus ini yang sangat mudah sangat fatal untuk menjangkau anak-anak yang memiliki pergaulan akrab dengan kawan-kawannya,” terang  salah seorang petugas dari Puskesmas kota Ruteng, Elisabeth Eldot. (*Ilda Wahyu/red)

*Penulis adalah Reporter Pelajar yang mendapat pelatihan khusus dari Redaksi Flores Muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here