Memaknai Peran Pemuda dalam Kemerdekaan Indonesia

0
230
Ilustrasi/Sumber: geotimes.co.id

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejatinya tidak lepas dari keberadaan dan peran pemuda. Di republik ini, peran pemuda sangat jelas terlihat pada awal perjuangan kemerdekaan, masa kemerdekaan itu sendiri, dan paska kemerdekaan bangsa.

Dalam berbagai dokumen dan referensi, kiprah pemuda di Indonesia diawali pada permulaan pada tahun 1908 yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo. Semangat kebangkitan generasi muda pula, dengan dideklarasikannya momentum besar, yakni Sumpah Pemuda, pada tanggal 28 Oktober tahun 1928. Peristiwa ini memberi berbagai hikmah kepada pemuda, yang salah satunya membangkitkan semangat generasi muda Indonesia agar menjadikan bangsa yang tekad mencerdaskan kehidupan berbangsa di masa yang akan datang.

Dalam HUT Ke-73 Republik Indonesia, generasi muda perlu bangkitkan semangat yang baru sebagai pemuda Indonesia. Pada setiap merayakan hari kemerdekaan, pemuda dan berbagai kalangan pelajar berhamburan mengikuti unit kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, paskibraka, PMR, dan unit kegiatan ekstrakulikuler lainnya, sebagai salah satu peran generasi muda untuk mengisi kemerdekaan Indonesia itu sendiri. Tentu hal ini bukan saja sekedar mengikuti berbagai rangkaian kegiatan tersebut, bukan semata-mata kita hadir karena ingin tampil membawakan sebuah atraksi di lapangan upacara, melainkan kita hadir untuk mencerna, dan memaknai arti dari sebuah hari kemerdekaan sesungguhnya. Akan sangat ironi bila memperingati hari kemerdekaan hanya sebatas seremoni saja tanpa mengambil tauladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, sebagai generasi muda, kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman. Sebagai generasi muda, tentu tak diinginkan bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang lemah, kemerdekaan Indonesia bukanlah sebuah hadiah dari penjajah Belanda yang sangat lama menguasai bangsa. Artinya di situ ada unsur perjuangan untuk meraih kemerdekaan tersebut. Para pemuda saat ini telah menyadari perlunya kemerdekaan untuk mewujudkan keinginan luhur, yakni kesejahteraan masyarakat di masa yang akan datang.

Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil dari proses kerja dan usaha para pejuang masa lalu, persoalan ke depan yang harus dilakukan oleh generasi penerus bangsa adalah bagaimana memaknai konteks kemerdekaan tersebut yang tentu disesuaikan dengan hal-hal yang berkembang dalam rangka mencapai tujuan bersama. Dengan demikian, segenap komponen bangsa dituntut untuk dapat mengedepankan makna kemerdekaan sesuai dengan keberadaan dan spesifikasi bidang dalam konteks pencapaian tujuan penyelenggaraan negara secara optimal.

Konteks kemerdekaan harus dimaknai melalui perwujudan nyata dan menyatukan segala jenis aspek dalam penyelenggaraan negara menuju tercapainya masyarakat sejahtera. Demi mencapai generasi bangsa yang cerdas dan berdaya juang, maka perlu menumbuhkan generasi yang memiliki moral baik dan sikap nasionalisme yang membuat bangsa di masa mendatang benar-benar profesional seperti yang diharapkan, dengan terus meningkatkan literasi, bergabung dengan organisasi kepemudaan yang mempunyai arah perjuangan pro rakyat, serta berpartisipasi penuh dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Seperti yang dikatakan Tan Malaka, “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda.” (*)

 

*Penulis akrab dipanggil Febriano Kabur.. Ia berstatus sebagai Mahasiswa Fisipol pada Ilmu Pemerintahan di Universitas Warmadewa Denpasar Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here