Dialog Pemuda Lintas Agama untuk Kerukunan

0
126
Anggota FKUB Manggarai Barat memperkenalkan diri sebelum menyampaikan materi di aula SMAK St Familia Lembor, Rabu, 6 Juni 2018/Foto: Sri Wahyuni
LEMBOR, FLORESMUDA.COM – Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Manggarai Barat mengadakan kegiatan dialog pemuda lintas agama dengan tema “Upaya mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Dalam menyukseskan tahun politik yang berkualitas dan bermartabat.” Kegiatan ini dilakukan di aula asrama putri SMAK St Familia Lembor, Kabupaten Manggarai Barat pada 6 Juni 2018.

Pelaksanaan kegiatan mengingat maraknya kasus terorisme dan radikalisme yang akhir-akhir ini  terjadi di Indonesia. Hal ini pun memicu kerusakan kerukunan antar umat beragama.

Ketua FKUB Manggarai Barat, Romo Robert Pelita mengatakan, dialog sangat penting untuk menghindari konflik antar umat agama dan menjaga toleransi masyarakat di Nusa Tenggara Timur khususnya Kabupaten Manggarai Barat. Dengan berdialog, maka tidak akan terjadi kesalahpahaman antar umat beragama.

“Karena tidak ada agama yang mengajarkan perbuatan jahat seperti membunuh,” tambah romo.

Dalam dialog, panitia mendatangkan narasumber anggota FKUB Manggarai Barat perwakilan dari agama Islam, Katolik, Protestan, dan Hindu. Peserta dialog adalah siswa-siswi dari empat sekolah yakni SMAK St Familia Lembor, MA Jabal Nur Siru, SMAN 1 Lembor Selatan, dan SMAN 1 Sanonggoang.

Selain itu, kegiatan inipun dihadiri oleh pemuda-pemudi dari Rumah Kreasi Baku Peduli Labuan Bajo. Untuk meramaikan acara, para peserta juga dihibur oleh penampilan musik etnik modern dari kelompok musik Sound Of Soul (SOS). (*Sri Wahyuni/red)

*Penulis adalah reporter pelajar yang mendapat pelatihan khusus dari Redaksi Flores Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here