Pengaruh Negatif Globalisasi bagi Generasi Muda

0
163
Ilustrasi/Sumber: elabe.fr

FLORESMUDA.COM – Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat dunia yang tidak mengenal batas wilayah dan menghubungkan antara masyarakat di suatu negara dengan masyarakat di negara lain di seluruh dunia.

Globalisasi mampu mengurangi kendala dimensi ruang dan waktu sehingga interaksi dan komunikasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran. Globalisasi juga memberi pengaruh yang sangat signifikan pada tatanan masyarakat yang modern.

Indonesia adalah salah satu negara berkembang di dunia juga mengalami dampak dari pesatnya pengaruh globalisasi. Dalam hal ini lebih kita lihat dalam penggunaan alat telekomunikasi yang makin marak digunakan.

Sebagaimana yang terjadi di negara lain, globalisasi juga memberi dampak negatif selain dampak positif yang kita ketahui. Bahkan dampak negatif itu sendiri sudah makin terlihat tiap harinya.

Penggunaan alat telekomunikasi yang salah seperti penyebaran berita hoax, penipuan lewat online, pembocoran data privasi, dan masih banyak hal lainnya. Pengaruh globalisasi ini juga sangat berdampak buruk bagi para generasi muda. Eksistensi budaya dan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri saat ini hampir sebagian  besar dilupakan oleh para generasi muda.

Dimana yang seharusnya generasi muda adalah tolak ukur sebagai masa depan bangsa. Kecendrungan yang menyebabkan para generasi muda(pelajar) menjadi tidak tertarik pada pelajaran budaya lokal adalah dikarenakan pelajaran yang lebih berorentasi pada buku, ketimbang praktek.

Penggunaan alat telekomunikasi yang terlalu sering, menyebabkan kebiasaan kita yang mencondong pada kepribadian yang induvidual. Mari menjadi generasi yang kritis, berorientasi terhadap masa depan Indonesia yang berbudaya. (*Ilda Wahyu/red)

*Penulis adalah reporter pelajar yang mendapat pelatihan khusus dari Redaksi Flores Muda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here