Ester Luk, Penuhi Kebutuhan Ekonomi Lewat Tenun Songke

1
220
Ester Luk sedang menenun kain Songke di rumahnya/Foto: Ilda Wahyu

FLORESMUDA.COM – Songke merupakan kain khas Manggarai yang sudah dikenal masyarakat luas baik di daerah Manggarai maupun daerah luar. Songke dikenal dengan kain tenun yang bermutu tinggi serta memiliki keindahan tersendiri dari motif dan warnanya yang khas.

Banyak orang-orang yang memakai kain Songke namun masih sedikit orang yang tau alat-alat dalam pembuatan Songke. Kali ini saya sedikit memaparkan hasil tanya-jawab antara saya dan salah seorang narasumber saya yang adalah seorang penenun Songke dari Dusun Rewas, Desa Lumut, Kecamataan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat.

Namanya Ester Luk. Ia seorang penenun Songke yang begitu lihai dalam menenun. Ia mengaku sudah menenun sejak usia 17 tahun.

Pelajaran menenun ia dapatkan dari ibunya sendiri yang adalah seorang penenun juga. Ester Luk yang dulunya menempuh pendidikan hanya sampai di bangku SD kini memiliki 5 orang anak. Meskipun begitu, ia mampu menyekolahkan anak-anaknya dengan uang dari hasil menjual Songke dan juga mengurus kebun.

Saat saya mengunjunginya, ia pun mengulas sedikit tentang alat-alat yang dipakai untuk membuat kain Songke. Ester mengatakan, alat-alat tersebut mudah diperoleh karena dari bahan dasar kayu dan tidak membutuhkan banyak biaya.

“Kayunya kita olah menjadi beberapa macam, yaitu menjadi jangka, mbira, hunang, dan nggolong,” sebut dia.

Sementara itu, bahan untuk membuat Songke adalah benang yang terdiri atas benang berwarna hitam sebagai warna dasar dan dominan, kemudian benang berwarna putih, kuning tua, kuning muda, hijau, biru dan, merah untuk motif.

“Benang ini saya beli dengan harga RP500.000 dan dapat saya olah untuk menghasilkan 3 helai kain songke. Kemudian saya jual satu songke dengan harga RP650.000 per helai,” lanjutnya. (Ilda Wahyu/red)

*Penulis adalah Reporter Pelajar yang mendapat pelatihan khusus dari Redaksi Flores Muda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here