Mengenal Beatbox dan Deral Admar

0
298
Deral Admar/Foto: AIB

FLORESMUDA.COM – Dari Wikipedia bahasa, beatbox diterjemahkan sebagai salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme.

Nah, jenis seni musik ini belum banyak dikenal masyarakat umum di Indonesia, apalagi di daratan Flores. Ini masih asing karena sangat jarang terlihat ditampilkan pada panggung-panggung pertunjukan musik rakyat. Mungkin karena belum banyak beatboxer yang mau menampakkan diri di hadapan umum, atau karena memang di Flores, belum banyak yang berminat untuk menekuni bidang seni yang satu ini.

Di kota Labuan Bajo, seorang pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Komodo, bernama Deral Admar, sangat piawai mengeluarkan berbagai jenis suara dari mulutnya. Ia menjadi beatboxer muda yang berani tampil pada panggung Festival Komodo 2018 di Lapangan Kampung Ujung Labuan Bajo pada Jumat, 9 Maret 2018 lalu.

Saat itu, pelajar yang lahir pada 13 Maret 2002 ini tampil dengan penuh percaya diri di atas panggung. Beberapa penonton tampak terpukau saat menyaksikan Deral mengeluarkan lantunan nada yang mirip dengan bunyi berbagai alat musik melalui mulutnya. Nada-nada melantun dengan apik dan artistik.

Kepada Flores Muda, Deral mengaku belajar beatbox sejak masih duduk di bangku kelas VIII sekolah menengah pertama. Ia memulainya karena ingin meniru seorang temannya yang juga suka beatbox. Meski memulainya dengan ragu akan mampu, lambat laun, Deral pun jadi lihai.

“Saya belajar dari Youtube dan autodidak. Awalnya kayak tidak yakin bisa beatbox. Tapi niat belajarnya memang besar. Makanya sekarang bisa,” kata dia.

Saat ini pun, Deral sudah beberapa kali tampil di beberapa pertunjukan seni. Mulai dari pertunjukan seni bersama komunitas anak muda, sampai pada acara Festival Komodo 2018 lalu.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang Deral, silakan lihat videonya di link berikut ini! Pada video ini, Deral juga berbagi tips cara belajar beatbox. Silakan klik! VIDEO: TANYA-JAWAB BEATBOX DERAL ADMAR (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here