Ilustrasi Komodo/Gambar: Din Suhardin

/1/

Pada mulanya nama kampung yang ada di pulau komodo adalah kampung Najo. Kampung Najo mulai tenggelam dan digantikan dengan nama Kampung Komodo pada tahun 1910-1912 ketika Letnan Steyn van Hensbroek dan Peter A. Ouwens datang ke Komodo.

/2/

Orang pertama yang menggunakan senjata untuk membunuh Komodo adalah Letnan Steyn van Hensbroek, seorang pejabat Administrasi Kolonial Belanda. Ketika itu, tahun 1910. Letnan Steyn tidak sendiri kala itu, tetapi bersama satu regu tembak terlatih. Tujuannya adalah untuk mengetahui serupa apa “binatang aneh” yang menggemparkan ketika itu.

/3/

Orang pertama yang memotret Komodo adalah Peter A. Ouwens, Direktur Zoological Museum and Botanikal Gardens Bogor, Jawa Barat. Tujuannya adalah untuk melihat secara lebih dekat. Dan untuk tujuan penelitian lebih lanjut, Ouwens merekrut dua orang pemburu. Empat ekor komodo berhasil di tangkap. Ketika itu sekitar tahun 1910/1911. Ouwens juga adalah orang pertama yang memberi nama “binatang aneh” itu sebagai Varanus Komodoensis sebagai pengganti nama Naga Komodo.

/4/

Berita pertama tentang komodo muncul di sebuah koran, bukan jurnal. Penulis beritanya adalah Peter A. Ouwens. Koran tersebut terbit tahun 1912.

/5/

Orang pertama yang melakukan penelitian ilmiah tentang komodo dengan perangkat modern adalah W. Douglas Burden dari American Museum of Natural History. Ketika itu, usai perang dunia I, tepatnya tahun 1926. Penelitian itu dilakukan selama hampir setahun. 

KBS

FloresMuda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here