Cerahkan Hidupmu Dengan Menulis!

0
427
Gaby Natalie selesai melukis karyanya (Foto: Rio Prakoso)

Oleh : Gabriella Natalie

Menulis adalah suatu gambaran yang menerangkan suatu emosi, perasaan serta pikiran yang dituangkan pada kertas yang selalu ramah setiap saat. Menulis juga dapat memicu kreativitas bagi seseorang yang gemar dalam menulis. Dalam kegiatan menulis seseorang dapat berpikir untuk menciptakan karya yang segar bagi pembacanya.

Mencerahkan, inspiratif, dan menambah wawasan adalah kriteria yang akan didapat bagi pembacanya. Pembaca tentunya mengharapkan suatu tulisan yang memiliki kriteria seperti itu, karena dinilai dapat mengesankan pada saat dibaca dan bermanfaat setelah dibaca.

Menulis adalah suatu kegiatan positif yang dapat membawa seseorang memiliki kompetensi dalam berpikir, dalam proses menulis, penulis harus memikirkan suatu tema yang menarik untuk disajikan. Proses tersebut yang membuat penulis dapat menumbuhkan jiwa kreatif. Tak jarang terkadang seorang penulis membuat suatu tulisan gila, yang pada akhirnya mendapatkan hasil yang gila dari hasil menulis.

Menulis sangat baik dilakukan oleh remaja saat ini, di mana mereka dapat menyuarakan isi hati atau imajinasi mereka yang dinilai cukup tinggi karena usia muda masih sangat baik dan banyak menghadapi berbagai persoalan baru di lingkungan. Apalagi dengan menulis remaja dapat hidup mandiri, karena dalam menulis juga dapat menghasilkan materil yang terbilang lumayan untuk jajan.

Saat ini tidak hanya media cetak seperti koran dan majalah yang selalu menawarkan tulisan untuk dimuat, akan tetapi terdapat beberapa website dari berbagai forum sastra yang menawarkan dan memuat beberapa hasil karya tulisan seseorang entah itu novel, cerita pendek, esai, artikel, puisi dan lainnya.

Dengan adanya sarana yang mudah dijangkau seperti website/blog, menjadikan wadah untuk menulis serta memantau potensi yang dimiliki oleh kalangan remaja. Kembali kepada sarana, diharapkan muncul suatu forum yang dapat memicu dan menjadikan kegiatan menulis sebagai budaya baru bagi kalangan remaja. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk memicu remaja agar giat menulis.

Sudah saatnya seni menulis menjadi suatu budaya atau bahkan gaya hidup bagi remaja untuk membentuk karakter yang lebih baik. Karena melihat dari sisi kehidupan remaja kini sungguh mengecewakan. Banyak suatu peristiwa yang membuat kita khawatir dengan kehidupan yang negatif, seperti tawuran dan narkoba. Tentu dapat merusak moral bangsa, karena masa depan ada di tangan anak muda. Mudah-mudahan dengan kegiatan menulis dapat bermunculan bibit-bibit penulis baru yang datang dari kalangan remaja.

Penulis adalah siswi SMAK St. Ignatius Loyola

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here