Putra Manggarai Barat, Jabat Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Thailand

0
2649
Prof Dr Mustari Mustafa MPd (tengah) bersama rekan sejawatnya di UIN Alauddin Makassar (foto: istimewa)

Floresmuda.com, Kabar bahagia bagi Kabupaten Manggarai Barat. Seorang putra terbaiknya mendapat mandat untuk menjabat sebagai atase pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia di Thailand.

Adalah Prof Dr Mustari Mustafa MPd, putra kampung Palis, Kecamatan Lembor, Manggarai Barat yang mendapat amanah itu.

Guru besar Filsafat di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ini terpilih melalui proses seleksi sejak enam bulan lalu di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ia menyisihkan 60 pendaftar dari berbagai disiplin ilmu.

Dihubungi floresmuda.com kemarin, Rabu (15/03), Prof Mustari, demikian ia akrab disapa, sedang berada di Jakarta untuk mengikuti serangkaian pembekalan teknis yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI.

“Iya, Dinda. Sekarang sedang mengikuti beberapa pembekalan teknis di Kemenlu. Masih harus mengikuti serangkaian pembekalan sebelum ditempatkan di negara tujuan”, jelas Direktur Kantor Urusan Internasional UIN Alauddin Makassar ini menjawab floresmuda.com.

Dijelaskannya, selama dua pekan terakhir ia mengikuti serangkaian pembekalan diantaranya terkait keprotokoleran, design kebijakan publik, dan beberapa pembekalan teknis lainnya. Selain itu juga melakukan kegiatan kunjungan ke beberapa badan di bawah Kemenlu. Setelah itu nanti akan dilakukan tes kesehatan. Jika semua berjalan lancar, akan diberangkatkan di negara tujuan pada bulan Juli atau Agustus mendatang untuk masa bakti tiga sampai tiga setengah tahun.

Ditanya soal perasaannya atas amanah barunya itu, jebolan doktor filsafat UGM ini mengatakan pencapaiannya ini adalah berkat doa dan dukungan dari semua pihak.

Selama menjabat nanti, ia akan menerjemahkan visi misinya untuk hubungan baik kedua negara. Diantaranya adalah meningkatkan upaya promosi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan Indonesia di Thailand.

Prof Mustari sendiri lahir di Siru-Lembor pada tanggal 30 September 1971. Setelah tamat dari Sekolah Dasar Katolik (SDK) Nangalili, ia kemudian lanjut di SMP Gaya Baru Nangalili dan SMA di Madrasah Alyah Negeri (MAN) 1 Ende.

Selepas dari MAN 1 Ende, ia kemudian berlayar ke Makassar (waktu itu masih bernama Ujung Pandang).

Di Makassar kemudian ia melanjutkan kuliah sarjana (S1) di IAIN (sekarang UIN) Alauddin Makassar. Setamat dari IAIN kemudian lanjut pascasarjana (S2) di Universitas Negeri Makassar (UNM), dan studi doktoral di program filsafat UGM Yogyakarta.

Selain itu mengikuti serangkaian workshop dan perjalanan akademik di Kanada, Eropa, dan Australia.

Saat ini, selain sebagai dosen, Prof Mustari juga menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional UIN Alauddin Makassar.

Buku-buku yang menjadi karya Prof Mus kebanyakan tentang filsafat. Beberapa diantara buku karangannya dan sudah beredar luas di toko buku adalah: Dakwah Sufisme Syekh Yusuf Al Makassary, Pengatar Ilmu Filsafat, Konstruksi Filsafat Nilai, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan, Aku Ada Karena Mereka Ada, Filsafat Introduksi Kritis, dan Agama dan Bayang-bayang Etis.

Selain buku, Prof Mustari juga menulis utnuk beberapa jurnal nasional dan internasional.

Diluar kesehariannya sebagai akademisi, Prof Mustari juga adalah anggota Keluarga Alumni HMI (KAHMI) Sulsel. Beliau juga aktif dalam diskusi merawat keberagaman dan kemajemukan bangsa, pernah menjadi direktur FORLOG Sulsel selama dua periode.

Dikukuhkan sebagai Guru Besar Filsafat UIN Alauddin Makassar pada bulan Februari 2016 lalu. (BB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here