Sounds From Watulangkas, Episode 1: Gazpar Araja

0
619

Sounds From Watulangkas adalah sebuah serial dokumentasi musik yang akan secara rutin menyajikan penampilan-penampilan musik bertema sosial di Rumah Baku Peduli, Kampung Watu Langkas, Labuan Bajo. Musisi-musisi lokal akan diprioritaskan untuk tampil di sini.

Seri pertama Sounds From Watulangkas kali ini menghadirkan Gazpar Araja, seorang musisi Manggarai-Flores yang saat ini sedang berkarir di Jakarta. Gazpar, begitu ia sering disapa, adalah salah satu musisi yang aktif menaruh perhatian sangat besar terhadap isu-isu sosial, terutama soal budaya, lingkungan, dan perjuangan hak-hak warga negara. Hingga kini, ia sudah merilis dua album studio dan sejumlah singles

Album terakhirnya yang dirilis tahun 2014 diberi judul Save Our Nature. Album ini berisi 10 lagu yang sebagian besar berisi seruan untuk bertanggung jawab menjaga kelestarian alam demi hidup yang lebih sejahtera.

Selain album studio, Gazpar juga produktif merilis single. Yang terakhir diberi judul Save Pede. Lagu ini dibuatnya sebagai bentuk dukungan kepada perlawanan warga yang menolak privatisasi Pantai Pede di Labuan Bajo. Pantai yang menjadi satu-satunya pantai publik terakhir di Kota Pariwisata itu dalam rencananya akan diprivatisasi sebuah perusahaan swasta milik salah satu politisi-pengusaha di DPR RI.

Di seri pertama ini, dengan sasandonya Gazpar bersama beberapa pemusik lokal menampilkan lagu Lalong Beo yang ada dalam album Save Our Nature. Lagu ini adalah sebuah lagu rakyat yang bercerita tentang kisah heroik Motang Rua. Motang Rua adalah seorang figur pahlawan dari Manggarai yang dikisahkan aktif melakukan perlawanan terhadap imperialisme di Manggarai pada masa-masa penjajahan Belanda.

Untuk tetap menjaga relevansinya dengan masa kini, di bagian akhir lagu itu Gazpar menambahkan beberapa baris lirik. Baris-baris lirik itu berisi seruan untuk meneladani kisah perlawanan Motang Rua lewat upaya-upaya menjaga kelestarian alam dari eksploitasi kapitalisme yang kini sudah keterlaluan.

Nantikan penampilan-penampilan lain di serial Sounds From Watulangkas berikutnya. (Edgipi/Floresmuda).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here