Di Jumbara Nasional VIII Sulawesi Selatan, Kami Belajar Jurnalistik

0
20018

*Laporan Hermina Surya dari Pangkep, Sulawesi Selatan

Rangkaian kegiatan Jumpa, Bakti, Gembira (Jumbara) Nasional VIII yang saat ini sedang diselenggarakan di kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan berlangsung meriah. Secara umum, kegiatan dibagi menjadi tiga bagian yaitu Jumpa, Bakti, dan Gembira.

Salah satu sub kegiatan dalam Jumpa adalah pempublikasian atau jurnalistik muda nasional. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 102 orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) yang dipilih dari setiap provinsi. Tiap provinsi mengirim utusan tiga orang.

Kontingen Nusa Tenggara Timur (NTT) juga ikut berpatisipasi dalam rangkaian kegiatan ini. Untuk kegiatan pempublikasian dan jurnalistik muda, NTT mengirim dua orang utusan. Mereka adalah dua orang anggota PMR, Hermina Surya dari kabupaten Manggarai dan Kukuh Kutami dari kabupaten TTS.

Dalam kegiatan jurnalistik muda ini, seluruh peserta menerima materi seperti fotografi, videografi, peliputan berita, dan citizen jurnalistik yang dilatih oleh kru Net TV.

Para jurnalis muda juga diberikan tugas untuk meliput berita tentang seluruh rangakaian kegiatan Jumbara. Untuk tugas ini, mereka dibagi kedalam empat kelompok redaksi. NTT masuk dalam ‘redaksi 3’, bersama Maluku, Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Jambi, dan Kalimantan Selatan.

Andreane Tampuboran, anggota tim seleksi jurnalistik muda, mengatakan bahwa kegiatan jurnalistik ini bertujuan untuk memacu potensi dan daya kreatif anggota PMR.

Sepanjang kegiatan ini, seluruh peserta terlihat sangat antusias. Kegiatan ini menarik karena para peserta dilatih untuk menjadi reporter dan jurnalis muda.

Kegiatan Jumbara Nasional VIII sendiri berlangsung sejak 24 Juli lalu dan akan berakhir pada 31 Juli 2016. (editor: Boe Berkelana)

*Hermina Surya adalah siswi SMAN 1 Langke Rembong Ruteng-Manggarai, salah satu peserta kontingen NTT di Jumbara Nasional VIII Sulawesi Selatan 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here