Membentengi Akhlak Dan Moral Lewat Pesantren Ramadhan MAN Labuan Bajo

0
440
shalat Magrib berjamaah di Masjid Al-Abrar (foto: Anggraeny Ipur)

Floresmuda.com-Pesantren Ramadhan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuan Bajo pada selasa 10/11. Pesantren kilat ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 10/06 sampai dengan 12/06 di MAN Labuan Bajo, yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 dan 11.

13473705_721908154617782_1662655383_n
Shalat Magrib berjamaah di Masjid Al-Abrar MAN Labuan Bajo foto (Anggraeny Ipur)

Pesantren Ramadhan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Semua guru dan siswa berpartisipasi aktif dalam kegaiatan pesantren kilat tersebut. Pesantren Ramadhan merupakan suatau kegiatan yang sangat positif dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah. Melalui kegiatan ini pula siswa dapat mengetahui tentang ajaran-ajaran islam yang haram dan halal, juga memberikan pendidikan tentang agama islam  sejak dini kepada siswa sehingga bisa membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan yaitu yang pertama “Sholat Dhuha dan Dzuhur secara berjamaah” Sholat Dhuha dilaksanakan pada saat siswa telah sampai di sekolah jam 8 pagi. Sedangkan sholat dzuhur dilaksanakan secara berjamaah di Masjid Al-Abrar untuk kaum adam sedangkan untuk kaum hawa di ruang Aula MAN Labuan Bajo.

Pesantren Ramadhan ini setiap harinya dimulai dari pukul 08.00 WITA s/d 01.30 WITA, tahun-tahun sebelumnya pesantren kilat dilaksanakan hingga sholat Ashar tetapi untuk tahun ini panitia mengubah jadwalnya hanya sampai dengan sholat dzuhur berjamaah. Untuk tanggal 12 juni dilaksanakan hingga azan Magrib agar bisa berbuka bersama di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuan Bajo. Yang kedua “Ceramah agama islam” Kegiatan ini dilakukan oleh guru-guru agama islam tentang ajaran-ajaran islam yang benar dan salah, dan yang ketiga “Tadarus Al-Qur’an” Tadarus Al-Qura’an dilaksanakan di Masjid untuk kaum adam dan ruang Aula untuk kaum hawa. Dengan tadarus Al-Qur’an maka siswa akan dilatih agar terbiasa membaca Al-Qur’an. Membaca Al-Qur’an merupakan sebuah amalan mulia yang dapat mencerahkan lahir batin.

Salah satu siswa, Refani Aziz mengatakan Pesantren Ramadhan ini sangat bagus, dalam kegiatan ini para siswa bisa menambah wawasan tentang pengetahuan Agama, kegitan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ibadah para siswa dan guru. Saya merasa banyak sekali manfaat yang saya peroleh dari kegiatan ini, karena didalamnya saya bisa memperbaiki bacaan qu’ran saya. Dan juga belajar banyak hal tentang pengetahuan Agama. (AI/MAN Labuan Bajo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here